Breaking News
Home / Manajemen Pikiran / Jadikan Stress Sebagai Pintu Kesuksesan

Jadikan Stress Sebagai Pintu Kesuksesan

Jadikan Stress Sebagai Pintu Kesuksesan – Sekarang ini, kehidupan bergerak jauh lebih cepat dari dahulu. Tidak heran jika sebagian orang merasa kewalahan dan putus asa dalam menghadapi keadaan yang penuh tekanan. Stres dan rasa cemas merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan anak manusia.

Kehidupan itu bergerak antara sangat peka dengan sangat tidak peka. Setiap orang akan merasakan kehidupan antara sangat kurang dan sangat lebih. Stres terkadang bagus untuk memacu kinerja seseorang. Akan tetapi, saat tingkat stres melebihi batas normal hingga menghambat produktivitas.
Dalam jangka panjang, stres yang berlebihan akan membuat kondisi kesehatan fisik, mental dan psikologis memburuk. Keseimbangan kehidupan pun juga bisa terganggu. Oleh sebab itu, jika kita mengalami hal yang demikian, maka saatnya kita mengambil tindakan positif untuk menemukan dan mengenyahkan akar masalah yang utama.

Jadikan Stress Sebagai Pintu KesuksesanAda langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa cemas dan stres yang muncul dan membuat kita kewalahan. Berikut ini uraian mengenai langkah apa saja yang harus kita lakukan.

  1. Jangan ragu berbagi. Berbagi kecemasan akan membuat intensitas stres itu berkurang, meski tidak hilangĀ  sepenuhnya dari datam benak kita. Bicaralah dari hati ke hati pada seseorang yang kita percayai. Orang itu bisa jadi teman sejak lama, pasangan hidup, atau rekan bisnis yang sudah kita akrab selama beberapa tahun. Bicarakan kecemasan kita dan pendengar kita mungkin akan memberikan panduan dan nasihat berguna.
  2. Kembali ke kenyataan. Sering kali masalah kecil yang dialami menjadi tampak besar dan tidak terpecahkan karena cara pandang kita yang sudah keluar dari proporsi yang semestinya. Sebelum kita memberikan ruang bagi stres untuk mengalahkan kita, dapatkan fakta terlebih dahuiu. Dengan demikian, kita dapat mengetahui seluk beluk dan besarnya skala permasalahan yang dihadapi. Jangan hanya berpijak pada asumsi-asumsi yang tidak berdasar.
  3. Fokus pada usaha. Seorang petinju hebat, akan fokus mengasah kemampuannya dalam bertinju, untuk itu dia tidak akan memiliki skill lebih di bidang lain seperti menyulam dan menari. Mempunyai banyak keinginan itu hanya akan menjadi impian-impian buruk. Maka berfokuslah pada satu keinginan dahulu. Jadi, jika kita fokus pada satu keinginan, kalau itu terbayarkan dengan baik, maka akan mampu membayarkan keinginan kita yang lain. Lebih baik kita fokus pada satu hal, daripada banyak hal karena energi dan dananya terbagi.
  4. Sadari kemampuan inti Anda. Tidak ada suatu kualitas bisa digunakan untuk menyelesaikan segala sesuatu. Kemampuan kita menyesuaikan diri dengan beban, itu Penting sekali untuk menjadi pribadi yang sangat kuat dalam menghadapi persoalan kehidupan. Bukan besarnya beban yang merusak kedamaian, tapi salah caranya memikul, Keberhasilan itu bukan di alam rencana tapi di tindakan. Lebih baik cepat memilih dan stres saat melakukan, daripada lama stres pada saat memilih, tapi akhirnya terlambat bahkan tidak melakukan,
  5. Jangan iri. Sebetulnya tidak menjadi masalah kalau kita mau mencapai target tetapi belum berhasil. Apa yang menjadi masalah adalah kita membandingkan diri kita dengan orang yang berhasil, dan hal ini yang membuat kita stres. Sebagian kita hanya membandingkan hasil, tidak membandingkan proses. Irilah tentang bagaimana cara orang Kalau mau iri, membangun keberhasilan, bukan hasilnya. Karena iri terhadap hasil hanya akan membuat kita stres. Tetapi kalau kita iri mengenai cara yang digunakannya, itu adalah pelajaran. Maka salah satu cara untuk berhasil adalah mengenali orang yang ingin Anda tiru. Ambil pelajaran dari kehidupan dia, dan jangan ulangi kesalahan yang sama dari orang tersebut.
  6. Relakan. Saat kita tidak bisa melakukan apapun untuk menyeiesaikan permasalahan, serahkan saja semuanya pada yang iebih berkompeten dan lupakan tentang itu, Mungkin kita bukan orang yang tepat untuk memecahkannya. Ini semua terdengar mudah dikatakan tetapi sukar diiakukan tetapi tak ada salahnya kita mulai mencoba dari sekarang.
  7. Jangan konsumsi Obat penenang. Orang-orang yang menggunakan obat-obatan untuk merasa damai, tambah lama akan lebih banyak Obat yang dibutuhkan. Manusia itu memiliki kebiasaan hebat untuk menyesuaikan sesuatu. yang tidak alamiah dampaknya juga akan tidak alamiah. paling baik itu menyiapkan diri untuk memiliki mental yang lebih kuat.
  8. Kekuatan doa. Satu hal yang jarang sekali kita gunakan dengan kesadaran, sebagai penghilang stres yaitu doa. Doa adalah penyelesai stres terbaik. Kita tidak mungkin keluar dari satu pertemuan dengan Tuhan, tanpa merasa lebih baik Jangan khawatirkan terhadap apa yang belum terjadi. Tuhan tidak akan memasukkan kita ke dalam suatu kesulitan, kecuali akan menjadikan kita lebih kuat dari kesulitan itu.

Banyak orang ingin menikmati kemudahan daiam hidup ini, tapi tidak berusaha menjadikan yang sulit itu jadi mudah. Apapun yang ingin kita nikmati dengan mudah, mengharuskan kita melakukan kesulitan. Karena kesuiitan itu akan membuat kita lebih kuat dan lebih mampu. Orang yang mempunyai mental tidak terlatih tidak akan mampu memikul kekayaan besar, pangkat besar dan tanggung jawab luas.

Demikian artikel dengan judul Jadikan Stress Sebagai Pintu Kesuksesan, baca juga artikel cerita motivasi lainnya dengan judul Gejala Depresi. Jika kalian suka dengan artikel diatas, mohon untuk menekan tombol like ya, dan jika tidak keberatan mohon untuk dishare juga, agar ilmu ini bisa bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih sebelumnya.

Check Also

Memahami Hakikat Kecemasan

Memahami Hakikat Kecemasan – Kecemasan berasal dari kata anxiety. Kecemasan merupakan emosi yang selalu dialami …

Seal Online
Inline
Inline